Langsung ke konten utama

Merubah datacard number ke slider di powerapps

Dalam membuat aplikasi dengan powerapps, kita dapat melakukan modifikasi atau custom terhadap form yang digunakan, misalnya merubah tampilan kolom number menjadi slider atau rating bintang, menambahkan kolom text input menjadi choice atau dropdown choices.

BACA JUGA

Kali ini ditulisan ini, kita akan belajar merubah datacard pada form powerapps dari number field menjadi slider field. Berikut adalah langkah - langkahnya:
  • Kita buka halaman powerapps studio, kemudian kita edit aplikasi yang sudah kita buat sebelumnya. Nah, kemudian kita pilih datacard yang akan kita custom. Disini kita akan merubah datacard Apple, kemudian pilih datacardvalue4 (selalu diingat nama originalnya, karena nanti akan digunakan kembali).

  • Kemudian klik di menu datacard atau titik tiga, kemudian pilih delete. kita hapus datacard yang asli, untuk kita ganti dengan datacard yang baru.

  • Setelah itu kita klik INSERT kemudian klik INPUT kemudian pilih SLIDER, pastikan slider berada didalam datacard yang akan dicustom (Dalam datacard apple)

  • Kemudian pilih menu didatacard SLIDER atau titik tiga, kemudian RENAME dengan nama originalnya, dicontoh kali ini, pada langkah yang pertama nama originalnya adalah DATACARDVALUE4.

  • Kemudian kita update datacard Apple dengan mengklik menu UPDATE dan dikolom function kita masukan VALUE([Nama Datacardvalue].VALUE). Jika masih ada tanda bulat merah berarti masih ada yang error di aplikasi powerapps.

  • Setelah itu kita setting nilai maximun dan minimum dari value SLIDER, angka yang dimasukan bebas sesuai dengan kebutuhan.

Setelah semua setting selesai dan tidak ada notifikasi error di aplikasi powerapps, kita bisa SAVE dan datacard bisa digunakan, maka selesailah kita merubah datacard number ke slider dipowerapps.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

BACA JUGA


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Approval Menggunakan Power Automate

Cara membuat approval dengan power automate Dalam tulisan ini kita akan membahas mengnai proses persetujuan atau approval untuk dokumen ataupun record dengang menggunakan power automate, dalam tulisan ini menggunakan skenario approval sebagai berikut: Data source : Sharepoint List Proses Automation : Approval 1 layer Notification : Microsoft Outlook Langkah - Langkah Membuat automated cloud flow , masukan nama flow dan pilih triger (disini menggunakan source sharepoint list sebagai triger) kemudian klik create.   Masukan alamat site dan nama sharepoint listnya. Lengkapi informasi pada action approval sesuai dengan data informasi yang ada di source data. Tambahkan action condition,   disini untuk menangkap output dari proses approval apakah reject atau approve. Tambahkan action update item, disini untuk merecord hasil dari approval baik nama, tanggal dan status approval. Action send email,  untuk mengirinkan notifikasi kepada creator tentang status dokumen nya. Kemudian klik save dan bi

Membuat powerapps dengan sharepoint list

Powerapp merupakan salah satu product dari microsoft untuk membuat sebuah aplikasi mobile maupun desktop, powerapps ini dikenal sebagai apps builder less code atau membuat aplikasi dengan sedikit melakukan coding, sehingga sangat menarik untuk dipelajari oleh kita yang ingin membuat sebuah aplikasi tetapi tidak mengerti coding. Berikut ini adalah langkah - langkah untuk memulai sebuah powerapps dari sharepoint list. BACA JUGA Menambahkan gallery di powerapps Menambahkan dan custom form powerapps Membuat calculation column disharepoint list Pada saat kita memulai membuat sebuah aplikasi dari powerapps, kita bisa memulai dari template maupun dari blank. untuk artikel ini kita akan memulai dari blank app. Setelah memilih blank app, kita diarahkan jenis aplikasi yang akan kita buat seperti canvas, model driven, atau portal. Kita pilih dengan jenis canvas. Kemudian kita masukan nama aplikasinya, dan mode aplikasinya yaitu mode tablet dan mode mobile. Untuk mode tablet bisa juga digunakan u

Membuat calculation column di sharepoint list online

Sharepoint list online Sharepoint list pada dasarnya mirip dengan tabel pada microsoft excel, karena semua kalkulasi atau rumus yang digunakan pada microsoft excel bisa diaplikasikan ke sharepoint list online, seperti rumus SUM, AVERAGE atau rumus logika seperti IF atau SUMIF. Hanya saja pada sharepoint list online memerlukan sedikit langkah - langkah dengan menambahkan calculation column. Bagi yang belum mengetahui cara membuat sharepoint list silakan klik  Cara membuat sharepoint list BACA JUGA :  Grouping dan total di sharepoint list Ketika kita membuat calculation column, nantinya secara otomatis akan menghitung ketika item baru dicatat atau dimasukan. berikut ini adalah langkah - langkahnya: Tambahkan kolom dengan mengklik add column dan klik more seperti gambar dibawah ini Kemudian akan muncul page atau halaman untuk membuat calculation column, kita isikan nama kolom dan pilih tipe calculated column. Kemudian kita bisa memasukan rumus / syntax sama seperti rumus yang digunakan di