Microsoft power automate dapat digunakan untuk mengautomatiskan proses sehingga proses yang awalnya dilakukan secara manual dapat dirubah menjadi proses yang otomatis. Salah satu contohnya adalah proses otomasi persetujuan atau approval process.
Saat kita akan melakukan automation process menggunakan microsoft power automate, kita harus mengetahui apa itu triger dan action.
Trigger adalah process yang harus dicapai agar suatu proses otomasi berjalan sedangkan action adalah proses yang berjalan ketika triger tercapai.
dalam power automate terdapat 5 jenis flow yang dibedakan berdasarkan triger yang terjadi seperti gambar dibawah ini.
- Automated cloud flow adalah flow yang berjalan secara automatis ketika triger terpenuhi misalkan ketika item dibuat (when item created).
- Instant cloud flow adalah flow yang berjalan dengan triger manual, bisa dalam bentuk button pada powerapps misalnya atau triger for selected item pada sharepoint.
- Scheduled cloud flow adalah flow yang berjalan dengan triger waktu yang terlah ditentukan misalkan reminder setiap hari rabu atau setiap bulan.
- Dekstop flow adalah flow dengan merekam aktifitas layar dekstop kita, hampir mirip dengan macro di microsoft excel.
- Business process flow adalah flow process untuk proses yang lebih komplit dengan menggunakan modul Dynamic 365.
Untuk memulai microsoft power automate, kita bisa memulai menggunakan tempalte yang sudah disediakan oleh microsoft, bisa dipilih berdasarkan flow yang kita inginkan.
atau kita juga dapat membuat flow sendiri dari blank dengan memilih type flow yang kita inginkan, apakah automate, instant atau schedule flow.
Gambar diatas adalah membuat flow dengan tipe automated cloud flow kemudian tulislah nama flow dan pilih triger yang digunakan.
Demikianlah sedikit sharing mengenai bagaimana memulai microsoft power automate, sampai bertemu ditulisan berikutnya.
Komentar
Posting Komentar