Langsung ke konten utama

Menambahkan gallery di powerapps

Setelah kita mempelajari bagaimana membuat powerapps dengan format blank, kali ini kita akan belajar menambahkan gallery didalam powerapps, untuk yang belum mengikuti silakan klik link ini untuk langkah pertamanya Membuat powerapps dari sharepoint list. Ini adalah contoh tampilan gallery dipowerapps yang belum di modifikasi.

Gallery ini fungsinya adalah untuk melihat data yang ada didata source, dan dengan gallery ini kita bisa memfilter data apa saja yang diperlukan untuk di edit atau dilihat. Langsung saja kita mulai, ini langkah-langkahnya untuk membuat gallery.
  • Pada halaman powerapps studio, kita pilih menu insert dan pilih gallery.
  • Kemudia kita hubungkan atau connect dengan data source yang ada, disini kita menggunakan sharepoint list.
  • Setelah terhubung dengan data source, kita juga dapat merubah lay-out dari tampilan gallery dipowerapps, dengan mengklik layout.
  • Layout dari gallery ada banyak pilihannya mulai dari bentuk vertikal maupun horizontal, kita bisa mencobanya dan memilih sesuai dengan kebutuhan kita.
  • Data atau record didalam gallery juga bisa kita filter sesuai dengan kebutuhan data, kita contohkan disini dengan filter data jumlah yang lebih dari 20, filtering ini dengan memasukan syntax FILTER(datasource,logic), logic yang digunakan disini mirip dengan logic rumus di excel.
  • Dibawah ini adalah kustomisasi filtering gallery menggunakan text input, selain text input filterin juga dapat menggunakan dropdown list / yes or no dan lain sebagainya.

Cukup sederhana bukan, membuat aplikasi dipowerapps ini akan semakin asyik ketika kita mencoba semua fitur yang ada dipowerapps dan digabungkan dengan product microsoft yang lainnya seperti power automate, power BI dan sharepoint list.

BACA JUGA

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Approval Menggunakan Power Automate

Cara membuat approval dengan power automate Dalam tulisan ini kita akan membahas mengnai proses persetujuan atau approval untuk dokumen ataupun record dengang menggunakan power automate, dalam tulisan ini menggunakan skenario approval sebagai berikut: Data source : Sharepoint List Proses Automation : Approval 1 layer Notification : Microsoft Outlook Langkah - Langkah Membuat automated cloud flow , masukan nama flow dan pilih triger (disini menggunakan source sharepoint list sebagai triger) kemudian klik create.   Masukan alamat site dan nama sharepoint listnya. Lengkapi informasi pada action approval sesuai dengan data informasi yang ada di source data. Tambahkan action condition,   disini untuk menangkap output dari proses approval apakah reject atau approve. Tambahkan action update item, disini untuk merecord hasil dari approval baik nama, tanggal dan status approval. Action send email,  untuk mengirinkan notifikasi kepada creator tentang status dokumen nya. Kemudian klik save dan bi

Membuat powerapps dengan sharepoint list

Powerapp merupakan salah satu product dari microsoft untuk membuat sebuah aplikasi mobile maupun desktop, powerapps ini dikenal sebagai apps builder less code atau membuat aplikasi dengan sedikit melakukan coding, sehingga sangat menarik untuk dipelajari oleh kita yang ingin membuat sebuah aplikasi tetapi tidak mengerti coding. Berikut ini adalah langkah - langkah untuk memulai sebuah powerapps dari sharepoint list. BACA JUGA Menambahkan gallery di powerapps Menambahkan dan custom form powerapps Membuat calculation column disharepoint list Pada saat kita memulai membuat sebuah aplikasi dari powerapps, kita bisa memulai dari template maupun dari blank. untuk artikel ini kita akan memulai dari blank app. Setelah memilih blank app, kita diarahkan jenis aplikasi yang akan kita buat seperti canvas, model driven, atau portal. Kita pilih dengan jenis canvas. Kemudian kita masukan nama aplikasinya, dan mode aplikasinya yaitu mode tablet dan mode mobile. Untuk mode tablet bisa juga digunakan u

Membuat calculation column di sharepoint list online

Sharepoint list online Sharepoint list pada dasarnya mirip dengan tabel pada microsoft excel, karena semua kalkulasi atau rumus yang digunakan pada microsoft excel bisa diaplikasikan ke sharepoint list online, seperti rumus SUM, AVERAGE atau rumus logika seperti IF atau SUMIF. Hanya saja pada sharepoint list online memerlukan sedikit langkah - langkah dengan menambahkan calculation column. Bagi yang belum mengetahui cara membuat sharepoint list silakan klik  Cara membuat sharepoint list BACA JUGA :  Grouping dan total di sharepoint list Ketika kita membuat calculation column, nantinya secara otomatis akan menghitung ketika item baru dicatat atau dimasukan. berikut ini adalah langkah - langkahnya: Tambahkan kolom dengan mengklik add column dan klik more seperti gambar dibawah ini Kemudian akan muncul page atau halaman untuk membuat calculation column, kita isikan nama kolom dan pilih tipe calculated column. Kemudian kita bisa memasukan rumus / syntax sama seperti rumus yang digunakan di