Langsung ke konten utama

Membuat calculation column di sharepoint list online

Sharepoint list online

Sharepoint list pada dasarnya mirip dengan tabel pada microsoft excel, karena semua kalkulasi atau rumus yang digunakan pada microsoft excel bisa diaplikasikan ke sharepoint list online, seperti rumus SUM, AVERAGE atau rumus logika seperti IF atau SUMIF. Hanya saja pada sharepoint list online memerlukan sedikit langkah - langkah dengan menambahkan calculation column. Bagi yang belum mengetahui cara membuat sharepoint list silakan klik Cara membuat sharepoint list

sharepoint list

BACA JUGA : Grouping dan total di sharepoint list

Ketika kita membuat calculation column, nantinya secara otomatis akan menghitung ketika item baru dicatat atau dimasukan. berikut ini adalah langkah - langkahnya:

  • Tambahkan kolom dengan mengklik add column dan klik more seperti gambar dibawah ini

  • Kemudian akan muncul page atau halaman untuk membuat calculation column, kita isikan nama kolom dan pilih tipe calculated column.
  • Kemudian kita bisa memasukan rumus / syntax sama seperti rumus yang digunakan di excel dikolom formula, disini saya ambil contoh untuk perhitungan jumlah kolom apple, kolom pinepale dan kolom orange. Dan kita tentukan output dari calculation column yang kita buat.

  • dan langkah yang terakhir, adalah mengklik tombol save.
Itulah langkah - langkah membuat calculation column pada sharepoint list online, semoga bermanfaat.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Approval Menggunakan Power Automate

Cara membuat approval dengan power automate Dalam tulisan ini kita akan membahas mengnai proses persetujuan atau approval untuk dokumen ataupun record dengang menggunakan power automate, dalam tulisan ini menggunakan skenario approval sebagai berikut: Data source : Sharepoint List Proses Automation : Approval 1 layer Notification : Microsoft Outlook Langkah - Langkah Membuat automated cloud flow , masukan nama flow dan pilih triger (disini menggunakan source sharepoint list sebagai triger) kemudian klik create.   Masukan alamat site dan nama sharepoint listnya. Lengkapi informasi pada action approval sesuai dengan data informasi yang ada di source data. Tambahkan action condition,   disini untuk menangkap output dari proses approval apakah reject atau approve. Tambahkan action update item, disini untuk merecord hasil dari approval baik nama, tanggal dan status approval. Action send email,  untuk mengirinkan notifikasi kepada creator tentang status dokumen nya. Kemudi...

Bagaimana memulai microsoft power automate

Microsoft power automate dapat digunakan untuk mengautomatiskan proses sehingga proses yang awalnya dilakukan secara manual dapat dirubah menjadi proses yang otomatis. Salah satu contohnya adalah proses otomasi persetujuan atau approval process. Saat kita akan melakukan automation process menggunakan microsoft power automate, kita harus mengetahui apa itu triger dan action. Trigger adalah process yang harus dicapai agar suatu proses otomasi berjalan sedangkan action adalah proses yang berjalan ketika triger tercapai. dalam power automate terdapat 5 jenis flow yang dibedakan berdasarkan triger yang terjadi seperti gambar dibawah ini. Automated cloud flow adalah flow yang berjalan secara automatis ketika triger terpenuhi misalkan ketika item dibuat (when item created). Instant cloud flow adalah flow yang berjalan dengan triger manual, bisa dalam bentuk button pada powerapps misalnya atau triger for selected item pada sharepoint. Scheduled cloud flow adalah flow yang berjalan dengan tr...