Langsung ke konten utama

Menambahkan dan custom form di powerapps

MENAMBAHKAN FORM PADA POWERAPPS

Ditulisan kali ini kita akan belajar bersama bagaimana menambahkan form pada powerapps, form ini berfungsi sebagai data input maupun data view yang ada di gallery, bagi yang belum membaca cara menambahkan gallery dipowerapps bisa lihat postingan saya sebelumnya. 

BACA JUGA


Berikut ini adalah langkah - langkahnya untuk menambahkan form pada powerapps:

  • Kita klik INSERT kemudian pilih FORM dengan tipe edit, disini ada 2 jenis form yaitu edit dan view masing - masing mempunyai fungsi yang berbeda.

  • Kemudian hubungkan FORM dengan data source yang sudah ada, nantinya secara automatis akan generate kolom sesuai dengan kolom yang ada di data source.
  • Jika field dari kolom data source yang ditampilkan belum memenuhi yang kita butuhkan, kita bisa menambahkan atau menghilangkan tampilan field kolom yang ada dengan mengklik EDIT FIELD.
  1. ADD FIELD untuk menambahkan atau menampilkan kolom data source
  2. REMOVE untuk menghilangkan kolom data source
  3. MOVE UP / DOWN untuk mengatur posisi kolom pada FORM

  • Kemudian hubungkan FORM dengan gallery yang sudah kita buat sebelumnya, fungsinya adalah untuk menampilkan detail data ataupun menambahkan data baru.

CUSTOM FORM POWERAPPS

  • Setting kolom form, field pada sebuah form dapat kita setting berdasarkan jumlah kolomnya, mulai dari 1 kolom sampai dengan 12 kolom field. Untuk memodifikasi panjang dan lebar dari field secara bebas, kita set di 12 kolom.
  • Merubah data card dari mode edit ke mode view. Fungsi custom ini digunakan ketika field dalam form secara otomatis akan terisi, sehingga tidak diperlukan manual input data.
  • Setting mandatory field di form, hal ini diperlukan ketika ada data atau field yang wajib diisi sehingga data yang masuk kedalam data source akan lengkap sesuai dengan kebutuhan data. Caranya adalah kita KLIK UNLOCK TO CHANGE PROPERTIES data card yang akan dimandatory kemudian dikolom REQUIRED tuliskan TRUE
  • Menambahkan button NEW RECORD untuk menampilkan new form input data baru ke dalam gallery. Pertama kita INSERT BUTTON kemudian pada menu ONSELECT kita masukan function NEWFORM(NamaForm).
  • Menambahkan button SAVE untuk menyimpan data record, Pertama kita INSERT BUTTON kemudian pada menu ONSELECT kita masukan function SUBMITFORM(NamaForm).
  • Membuat Auto number data record, kita dapat mengcustom nomo record sesuai dengan kebutuhan kita dan akan generate automatis. Disin kita akan kolom TITLE akan tergenerate otomatis. Pertama pilih field kemudian pilih menu DEFAULT dan masukan function "NamaText"&"[spasi]"&LAST(data source).ID+1 , perlu diingat selalu menambahkan simbol & untuk menggabungkan text dengan syntax / rumus.

Demikianlah sharing mengenai menambahkan form dan custom form di powerapps, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.









 

 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Approval Menggunakan Power Automate

Cara membuat approval dengan power automate Dalam tulisan ini kita akan membahas mengnai proses persetujuan atau approval untuk dokumen ataupun record dengang menggunakan power automate, dalam tulisan ini menggunakan skenario approval sebagai berikut: Data source : Sharepoint List Proses Automation : Approval 1 layer Notification : Microsoft Outlook Langkah - Langkah Membuat automated cloud flow , masukan nama flow dan pilih triger (disini menggunakan source sharepoint list sebagai triger) kemudian klik create.   Masukan alamat site dan nama sharepoint listnya. Lengkapi informasi pada action approval sesuai dengan data informasi yang ada di source data. Tambahkan action condition,   disini untuk menangkap output dari proses approval apakah reject atau approve. Tambahkan action update item, disini untuk merecord hasil dari approval baik nama, tanggal dan status approval. Action send email,  untuk mengirinkan notifikasi kepada creator tentang status dokumen nya. Kemudian klik save dan bi

Membuat powerapps dengan sharepoint list

Powerapp merupakan salah satu product dari microsoft untuk membuat sebuah aplikasi mobile maupun desktop, powerapps ini dikenal sebagai apps builder less code atau membuat aplikasi dengan sedikit melakukan coding, sehingga sangat menarik untuk dipelajari oleh kita yang ingin membuat sebuah aplikasi tetapi tidak mengerti coding. Berikut ini adalah langkah - langkah untuk memulai sebuah powerapps dari sharepoint list. BACA JUGA Menambahkan gallery di powerapps Menambahkan dan custom form powerapps Membuat calculation column disharepoint list Pada saat kita memulai membuat sebuah aplikasi dari powerapps, kita bisa memulai dari template maupun dari blank. untuk artikel ini kita akan memulai dari blank app. Setelah memilih blank app, kita diarahkan jenis aplikasi yang akan kita buat seperti canvas, model driven, atau portal. Kita pilih dengan jenis canvas. Kemudian kita masukan nama aplikasinya, dan mode aplikasinya yaitu mode tablet dan mode mobile. Untuk mode tablet bisa juga digunakan u

Membuat calculation column di sharepoint list online

Sharepoint list online Sharepoint list pada dasarnya mirip dengan tabel pada microsoft excel, karena semua kalkulasi atau rumus yang digunakan pada microsoft excel bisa diaplikasikan ke sharepoint list online, seperti rumus SUM, AVERAGE atau rumus logika seperti IF atau SUMIF. Hanya saja pada sharepoint list online memerlukan sedikit langkah - langkah dengan menambahkan calculation column. Bagi yang belum mengetahui cara membuat sharepoint list silakan klik  Cara membuat sharepoint list BACA JUGA :  Grouping dan total di sharepoint list Ketika kita membuat calculation column, nantinya secara otomatis akan menghitung ketika item baru dicatat atau dimasukan. berikut ini adalah langkah - langkahnya: Tambahkan kolom dengan mengklik add column dan klik more seperti gambar dibawah ini Kemudian akan muncul page atau halaman untuk membuat calculation column, kita isikan nama kolom dan pilih tipe calculated column. Kemudian kita bisa memasukan rumus / syntax sama seperti rumus yang digunakan di